Minggu, 27 Mei 2012

Jalan-jalan Ke NTB

Pukul enam pagi kami berangkat dari Surabaya. Dari bandara Djuanda dengan menggunakan pesawat Merpati Nusantara. Tujuan kami adalah Dompu, NTB. Kurang lebih pukul 9 kami tiba di bandara Ngura Rai Denpasar. Dari Ngura Rai kami transit menuju bandara Salahudin Bima, NTB. Sampai di bandara Salahudin kira-kira pukul 12 siang. Kami langsung makan siang di rumah makan depan Bandara Bima.

Tiba di Bandara Salahhudin Bima
      Kini kami melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju Dompu. Kira-kira pukul 14.00 WITA siang kami sampai di tempat tujuan yaitu Kota Dompu. Setelah beristirahat kurang lebih sejam kami melanjutkan perjalanan lagi ke lokasi penambangan emas tradisional di daerah Woja kurang lebih 10 menit dari Kota Dompu. Sampai di tempat ini kami bertatap muka dengan penduduk dan penambang tradisional untuk pengenalan. Daerah disekitar penambangan ini yang akan menjadi lokasi penelitian kami selama seminggu nanti.
..............................................................................................................................................................
      Enam hari lamanya kami melakukan penelitian di lapangan. Memang cukup melelahkan, apalagi daerah penelitian panas dengan cuaca khas Dompu. Hari terakhir kerja kami manfaatkan untuk jalan-jalan ke pantai. Tujuan kami kali ini adalah pantai Lakey yang terkenal dengan ombaknya. Walau udara panas, dengan kendaraan bermotor kami menuju ke pantai tersebut. Memang benar kata mereka, ternyata pantainya indah dan ombaknya yang besar. Katanta urutan kedua di dunia. Hal ini yang menjadi daya tarik buat wisman untuk berselancar di sini.

Berfoto di pusat kota Dompu, Tampak icon dari Kota Dompu berupa patung Kuda Merah dan Putih

Ombak Pantai Lakey, Hu'u, Dompu. Tampak Seorang wisman lagi berselancar

Kini tiba saatnya harus kembali ke Surabaya. Jalur kali ini berbeda dengan sebelumnya datang dari Surabaya. Kini kami memili jalan darat dari Dompu menuju Pulau Lombok dengan tujuan kota Mataram.
      Berangkat dari terminal Dompu kira-kira pukul 21.00 WITA dengan menggunakan bus. Pukul setengah enam pagi kami tiba di pelabuhan penyeberangan. Suasana pagi sangat terasa, sambil menunggua sun rise kami menikmati pop ice sekedar mengisi perut, terkadang rasa kantukpun datang dan sesekali saya tertidur di atas kursi kapal motor feri ini. Temanku terus berkeliling sambil mengambil gambar susana pagi dengan kameranya. Ini memang benar-benar pagi yang indah.
      Kira-kira pukul 07.00 WITA kami merapat di pelabuhan penyeberangan Lombok. Perjalananpun dilanjutkan ke Mataram dengan bus yang sama dan kira-kira pukul 12an WITA kami tiba di terminal Mandalika Mataram. Disini kami dijemput oleh seorang teman yang berasal dari Dompu. Kami bertiga langsung menuju ke tempatnya.
       Sore itu kamipun berkeliling ke Pantai Senggigi yang sangat terkenal di NTB itu. Kini tak cuma cerita yang aku dengar tentang Senggigi tapi suatu yang nyata, begitu indah dengan hamparan pasir putih dan melengkung sepanjang teluk. Begitu indah, bersih dan rapih. Terlihat banyak wiasman maupun wisatawan dometik disini.
       Keesokan harinya saatnya kembali ke Surabaya. Kali ini kami menggunakan Pesawat Lion Air dari Bandara Internasional Lombok. Kurang lebih satu jam lebih kami tiba di Bandara Juanda. Kemudian menuju ke basecamp untuk berdiskusi dan menyerahkan laporan kerja di Dompu.
     Pagi itu kamipun kembali ke jogja, tempat dimana kami masih menuntun ilmu.